SCH.MY.ID

The official school website created by students of SMPN 4 Martapura

Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam

Halo, Apa kabar para pembaca dan penunjung blog ini, kali ini saya akan membahas tentang "Pengaruh Pertambahan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dan Kelestarian Alam. Terlebih dahulu kita kependahuluan.


Pendahuluan

Apa Itu?

Penduduk merupakah sebuah kata yang sering kita dengar di rumah, sekolah, televisi, masyarakat, dll. Jadi Apa sih itu Penduduk?
Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Lingkungan merupakan sebuah kata yang sering kita dengar dan juga sebuah kata dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Jadi apa itu Lingkungan?
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.
Lingkungan mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan

Setip kali melakukan aktivitas, pasti selalu berhubungan dengan Alam. Baik yang Alami maupun Buatan. Alam juga merupakan bagian dari lingkungan.
Jadi, Alam adalah lingkungan yang sudah ada sejak dulu atau terbentuk secara alami oleh proses alami dan proses terbentuknya lingkungan ini tanpa campur tangan manusia.

Setiap perubahan pada lingkungan pasti dipengaruhi sesuatu.
Jadi, Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang atau benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang, atau kekuatan yang muncul dari suatu benda atau orang dan juga gejala dalam yang dapat memberikan perubahan terhadap apa-apa yang ada di sekelilingnya


Curabitur blandit tempus porttitor. Nullam quis risus eget urna mollis ornare vel eu leo. Nullam id dolor id nibh ultricies vehicula ut id elit.

Meningkatnya pertumbuhan penduduk terhadap keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam dapat berpengaruh positif (baik) maupun negatif (buruk) tergantung pendidikan dan kesadaran masyarakatnya. Jika masyarakatnya berpendidikan dan sadar arti pentingnya keseimbangan alam dan lingkungan maka akan berpengaruh positif, yaitu terjagannya keseimbangan lingkungan, terjalinnya dan terkelolanya kelestarian alam, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun jumlah penduduknya semakin bertambah. Pertumbuhan penduduk mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dipengaruhi dengan adanya kurva perolehan angka penduduk oleh badan pusat statistik di berbagai kota di Indonesia yang selalu menunjukan peningkatan.

Pengaruh yang ditimbulkan dari pertumbuhan jumlah penduduk akan mempengaruhi keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam. Keseimbangan lingkungan akan terganggu karena luas daerah yang tersedia terkadang tidak sesuai dengan banyaknya jumlah penduduk di suatu daerah. Begitu juga dengan kelestarian alam, karena jumlah pertambahan penduduk yang pesat mengakibatkan penduduk tidak lagi perduli terhadap kelestarian alam disekitarnya dan hanya memikirkan kepentingan pribadi.

Faktor Penyebab Meningkatnya Pertumbuhan Penduduk

Seperti yang kita ketahui, kehidupan kita, manusia tidak bisa dipisahkan dengan alam. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia sangat bergantung pada alam. Seperti manusia membutuhkan air, membutuhkan pangan, membutuhkan sandang, membutuhkan papan untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Dalam menjaga kelangsungan hidupnya manusia melakukan eksploitasi terhadap alam. Eksploitasi tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai alat teknologi canggih dan diambil terus menerus untuk mencukupi kehidupan manusia sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah, terutama pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan tambang lainnya yang suatu saat akan habis dan tidak dapat diperbaharui lagi.

Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, maka semakin banyak pula kebutuhannya terhadap alam. Pertumbuhan penduduk diakibatkan oleh tiga komponen yaitu :

1. Kelahiran (Fertilitas)

Faktor ini merupakan penyebab utama meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk. Hal hal yangmenyebabkan banyaknya kelahiran disebabkan masih tertanamnya sebuah ideologi-ideologi tertentu yang menganjurkan lebih baik mempunyai banyak anak dan perkawinan dini. Saat ini Pemerintah melalui BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) membuat suatu program "Dua Anak Cukup" dengan mengikuti "Keluarga Berencana" agar tidak terjadi kelahiran yang berlebihan, padatnya penduduk, dan menghindari menurunnya kualitas lingkungan

2 Anak Cukup

Salah satu gambar Program BKKBN Yaitu KB (Keluarga Berencana) dengan 2 Anak sudah cukup


2. Kematian (Mortalitas)

Faktor kematian ini biasaya dipengaruhi oleh usia, lingkungan sekitar / tempat tinggal dimana ada atau tidaknya sarana prasarana pendukung kehidupan misalkan makanan, kebersihan serta kesehatan. Selain faktor tersebut juga dapat dipengaruhi oleh kejadian luar biasa seperti bencana alam dan kejadian yang tidak terduga lainnya. Angka kematian yang tinggi juga dapat mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan, sebab banyaknya lahan yang banyak digunakan sebagai pemakaman dan kuburan, sehingga pohon harus ditebang untuk menyediakan tempat. Akibatnya, resapan air akan berkurang dan dapat menimbulkan banjir.

3. Migrasi atau perpindahan penduduk melalui transmigrasi dan urbanisasi.

Ketiga komponen tersebut dapat mengakibatkan ketidak seimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan keseimbangan lingkungan. Untuk urbanisasi bisa berdampak lingkungan menjadi menurun kualitasnya, padatnya penduduk, dan sulit mencari lapangan pekerjaan. Sedangkan transmigrasi bisa berdampak baik yaitu mengurangi padatnya penduduk & memperbaiki kualitas keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam yang hampir rusak, selain itu juga bisa dapat berdampak negatif apabila persebarannya tidak merata yang menyebabkan atau merugikan wilayah lain.

Permasalahan lingkungan akibat Pertumbuhan Penduduk

Adanya peningkatan pertumbuhan penduduk ternyata berpengaruh besar terhadap keseimbangan lingkungan dan menjadi permasalahan kita semua. Yang mengharuskan kita untuk segera mencari penyebab permasalahn tersebut. Seperti :

1. Bertambahnya penduduk maka bertambah pula perumahan yang dibutuhkan sehingga mengakibatkan susunan tata rumahnya tidak teratur dan kelihatan kumuh serta merusak pemandangan/keindahan lingkungan.

---

Salah satu gambar pemukiman yang kumuh yang merusak pemandangan/keindahan lingkungan

2. Bertambahnya penduduk maka bertambah pula produktivitas sampah, sampah yang bertumpuk dapat mencemarkan lingkungan dan mengundang wabah penyakit.

---

Salah satu gambar sampah yang bertumpuk berdampak tercemarnya sungai dan mengundang wabah penyakit.

3. Dengan bertambahnya penduduk bertambah pula produksi bahan dan produksi pangan,

4. Bertambahnya penduduk akan mengurangi ketersediaan lahan pangan karena lahan tersebut digunakan untuk pembangunan.

5. Bertambahnya penduduk bertambah pula kebutuhan akan air bersih sementara sumber air bersih semakin berkurang dan udara semakin terasa panas tidak sehat, dikarenakan hilangnya hutan/penggundulan hutan dan kurangnya ruang terbuka hijau sebagai sumber air dan sumber udara.

6. Bertambahnya jumlah penduduk akan mempengaruhi mutu pendidikan semakin rendah mutu pendidikan maka semakin mendorong rusaknya lingkungan hidup.

7. Pemanasan global mengakibat tingginya suhu udara yang menyebabkan lapisan ozon menipis dikarenakan banyaknya rumah kaca, bangunan bertingkat, dan adanya pembakaran hutan.

---

Salah satu proses terjadinya pemanasan global yang terjadi awalnya diakibat pembakaran, asap kendaraan, spray semprot, rumah kaca, dan asap pabrik.

Upaya pelestarian alam dan lingkungan

Pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan lingkungan akan memungkinkan manusia mampu meningkatkan perannya untuk menjadikan manusia yang bermutu,bermanfaat terhadap pelestarian alam dan lingkungannya.

Upaya pelestarian alam dan lingkungan ini sangat penting dan diharuskan hal ini terbukti dengan adanya UU No 4 tahun 1982 yang berisi hak atas lingkungan; kewajiban untuk memelihara lingkungan; peran serta dalam pengelolaan lingkungan; dan sanksi terhadap pelanggar undang-undang. Kemudian undang–undang tersebut diperbaharui dengan UU No 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan PP No.27 Tahun 1999 tentang AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Selain itu Al-Quran (Islam) juga mengajarkan kepada kita untuk menjaga dan memelihara lingkungan dan untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Oleh karena itu, mari kita semua, mulai hari ini dari diri kita sendiri dan dari hal yang kecil, kita jaga alam dan lingkungan agar tercipta alam dan lingkungan yang sehat, indah, nyaman, dan tetap lestari dengan cara :

1. Penekanan pertumbuhan penduduk seminimal mungkin dengan membatasi jumlah kelahiran seperti mengikuti program KB (Keluarga Berencana) “2 anak saja cukup, laki-laki perempuan sama saja

2. Mengikuti program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang menghendaki penundaan usia perkawinan sehingga dapat menekan lajunya pertumbuhan penduduk.

3. Melakukan metode langkah 3 R. Reduce mengurangi produktivitas sampah, Reuse menggunakan kembali dan Recycle mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat atau bernilai jual yang tinggi. Karena sampah akan menjadi lawan kita apabila dibiarkan dan akan menjadi kawan kita apabila dimanfaatkan.

4. Mempertahankan areal lahan pangan agar pangan tetap tersedia dengan baik dan memenuhi kebutuhan hidup. Dengan tidak menggunakan lahan pangan untuk pembangunan apapun. Ketersediaan pangan dapat ditingkatkan melalui alat teknologi yang ramah lingkungan.

5. Mempertahankan ruang terbuka hijau yang ada dan jika memungkinkan meningkatkan ketersediaan ruang terbuka hijau agar udara yang kita hirup tetap segar.

6. Melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali agar ketersediaan sumber air bersih dapat memenuhi kebutuhan hidup kita.

7. Melakukan koservasi air dan melakukan daur ulang air melalui proses destilasi yaitu pemisahan air tawar dan kandungan garam yang terdapat di dalam air laut melalui proses pemanasan,dipisahkan berdasarkan perbedaan titik didihnya.

8. Memberantas penebangan liar dan menerapkan sistem tebang pilih,sesuai dengan Pasal 17 ayat 1 huruf b UU P3H, yakni setiap orang dilarang melakukan penambangan di dalam kawasan hutan tanpa izin menteri.

9. Melakukan program “Satu Miliyar Pohon untuk Dunia” atau “One Million Indonesian Trees for The World” secara individu,keluarga,kelompok,RT/RW,Desa,Kelurahan ,Kecamatan,Kabupaten,bahkan Provinsi atau wilayah, berpartisipasi melakukan penanaman pohon,pemeliharaan pohon secara terus menerus.

10. Meninggalkan kebiasaan buruk pembakaran hutan bagi petani ladang berpindah-pindah agar proses pemanasan global tidak bertambah.

11. Meningkatkan mutu pendidikan tentang Pendidikan Lingkungan Hidup kepada semua warga masyarakat agar mampu menjaga,dan melestarikan alam demi kelangsungan hidup manusia.


Laju pertumbuhan penduduk sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan untuk mengantisipasi maka perlu dilakukan penekanan jumlah penduduk dan pelestarian lingkungan alam agar kehidupan manusia kedpannya semakin baik dan berkualitas.

Kesimpulan

Pertumbuhan penduduk yang sekarang ini sangat meningkat pesat. Jadi, hal ini sangatlah berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan. Karena semakin banyak penduduk, semakin sempit pemukiman, semakin banyak kebutuhannya, semakin banyak keperluannya, dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu dilakukan upaya penekanan dan pengontrolan jumlah penduduk dan pelestarian lingkungan agar kualitas lingkungan tetap terjaga agar kualitas hidup manusia makin baik ke depannya.

Selain itu, dampak kerusakan lingkungan seperti menurunnya kualitas pemukiman dan lahan, serta hilangnya fungsi dari ruang terbuka. Dampak lonjakan populasi bagi lingkungan sebenarnya tidak sesederhana. Persoalannya rumit mengingat persoalan terkait dengan manusia dan lingkungan hidup. Butuh kesadaran besar bagi tiap warga negara, khususnya pasangan yang baru menikah, untuk merencanakan jumlah anak. Untuk itu diperlukan perencanaan program KB (Keluarga Berencana) sebagai upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk serta mengintegrasikan isu lingkungan kedalam pendidikan berwawasan kependudukan.

Agar tujuan pengendalian pertumbuhan penduduk dan menjaga keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam dapat tercapai dengan baik atau dapat terwujud, mulailah dari diri kita sendiri, mulailah juga dari hal kecil, dan mulailah mengembangkannya terus menerus, serta mengajak dan mengarahkan orang lain untuk melakukan pengendalian terhadap keluargannya, lingkungannya, serta kelestarian alamnya.





Example code block
  • Praesent commodo cursus magna, vel scelerisque nisl consectetur et.
  • Donec id elit non mi porta gravida at eget metus.
  • Nulla vitae elit libero, a pharetra augue.
  1. Vestibulum id ligula porta felis euismod semper.
  2. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.
  3. Maecenas sed diam eget risus varius blandit sit amet non magna.

Bismillah

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung saya dalam mengembangkan blog ini.

Update! Mulai 3 Feb 2017, blog ini berpindah domain dari awalnya https://sch.my.id menjadi https://kependudukan.sch.my.id . Sekian - Terima kasih

test!Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Cras mattis consectetur purus sit amet fermentum. Aenean lacinia bibendum nulla sed consectetur.

Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Morbi leo risus, porta ac consectetur ac, vestibulum at eros.