SCH.MY.ID

The official school website created by students of SMPN 4 Martapura

Naskah Pidato :
Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Yang terhormat dewan juri…
Yang terhormat bapak-bapak, ibu-ibu dan teman-teman yang berbahagia…

Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah wasyukurillah
Ashadu a’la illaha ilallah, wa’ashadu anna Muhammadarasulullah.. Ama Ba’
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat,sholawat dan salam semoga terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shalalahu’alaihi wasalam beserta keluarga sahabat dan pengikut beliau dari dulu hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia, pidato saya pada hari ini adalah Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam.

• Hubungan manusia dengan lingkungan : aspek teknologi,aspek manusia, dan aspek lingkungan.

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kehidupan manusia sangat bergantung pada alam. Seperti manusia membutuhkan air,membutuhkan pangan,membutuhkan sandang,membutuhkan papan,untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Dalam menjaga kelangsungan hidupnya manusia melakukan eksploitasi terhadap alam.,eksploitasi tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai alat teknologi canggih sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah,terutama pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan tambang lainnya yang suatu saat akan habis dan tidak dapat diperbaharui lagi.
Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk maka semakin banyak pula kebutuhan terhadap alam .Pertumbuhan penduduk diakibatkan oleh tiga komponen yaitu :

1. Fertilitas atau kelahiran yang tidak terbatas sehingga mengakibatkan bertambahnya jumlah penduduk.

2. Mortalitas atau angka kematian yang tinggi yang diakibatkan oleh tingkat kesehatan yang rendah,wabah penyakit,bencana alam,dan terjadinya peperangan.

3. Migrasi atau perpindahan penduduk melalui transmigrasi dan urbanisasi.
Ketiga komponen tersebut dapat mengakibatkan ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan keseimbangan lingkungan

• Permasalahan lingkungan

Adanya peningkatan pertumbuhan penduduk ternyata berpengaruh besar terhadap keseimbangan lingkungan dan menjadi permasalahan kita semua. Yang mengharuskan kita untuk segera mencari penyebab permasalahn tersebut. Seperti :

1. Bertambahnya penduduk maka bertambah pula perumahan yang dibutuhkan sehingga mengakibatkan susunan tata rumahnya tidak teratur dan kelihatan kumuh serta merusak pemandangan/keindahan lingkungan.

2. Bertambahnya penduduk maka bertambah pula produktivitas sampah, sampah yang bertumpuk dapat mencemarkan lingkungan dan mengundang wabah penyakit.

3. Dengan bertambahnya penduduk bertambah pula ketersediaan bahan / produksi pangan,

4. Bertambahnya penduduk akan mengurangi ketersediaan lahan pangan karena lahan tersebut digunakan untuk pembangunan.

5. Bertambahnya penduduk bertambah pula kebutuhan akan air bersih sementara sumber air bersih semakin berkurang dan udara semakin terasa panas tidak sehat, dikarenakan hilangnya hutan/penggundulan hutan dan kurangnya ruang terbuka hijau sebagai sumber air dan sumber udara.

6. Bertambahnya jumlah penduduk akan mempengaruhi mutu pendidikan semakin rendah mutu pendidikan maka semakin mendorong rusaknya lingkungan hidup.

7. Pemanasan global akibat tingginya suhu udara yang mengakibatkan lapisan ozon menipis dikarenakan banyaknya rumah kaca,bangunan bertingkat,dan adanya pembakaran hutan.

• Pelestarian alam

Hadirin yang cinta dan peduli lingkungan..

Pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan lingkungan akan memungkinkan manusia mampu meningkatkan perannya untuk menjadikan manusia yang bermutu,bermanfaat terhadap pelestarian alam dan lingkungannya.

Upaya pelestarian alam dan lingkungan ini sangat penting dan diharuskan hal ini terbukti dengan adanya UU No 4 tahun 1982 yang berisi hak atas lingkungan; kewajiban untuk memelihara lingkungan; peran serta dalam pengelolaan lingkungan; dan sanksi terhadap pelanggar undang-undang. Kemudian undang –undang tersebut diperbaharui dengan UU No 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan PP No.27 Tahun 1999 tentang AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Selain itu Al-Quran juga mengajarkan kepada kita untuk menjaga dan memelihara lingkungan dan untuk tidak berbuat kerusakan di muka bumi. Oleh karena itu, mari kita semua, mulai hari ini dari diri kita sendiri dan dari hal yang kecil kita jaga alam dan lingkungan agar tercipta alam dan lingkungan yang sehat,indah,nyaman,dan tetap lestari dengan cara :

1. Penekanan pertumbuhan penduduk seminimal mungkin dengan membatasi jumlah kelahiran seperti mengikuti program KB (Keluarga Berencana) “2 anak saja cukup, laki-laki perempuan sama saja”

2. Mengikuti program PKBR yang menghendaki penundaan usia perkawinan sehingga dapat menekan lajunya pertumbuhan penduduk.

3. Melakukan metode langkah 3 R Reduce mengurangi produktivitas sampah, Reuse menggunakan kembali dan Recycle mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat atau bernilai jual yang tinggi. Karena sampah akan menjadi lawan kita apabila dibiarkan dan akan menjadi kawan kita apabila dimanfaatkan.

4. Mempertahankan areal lahan pangan agar pangan tetap tersedia dengan baik dan memenuhi kebutuhan hidup. Dengan tidak menggunakan lahan pangan untuk pembangunan apapun. Ketersediaan pangan dapat ditingkatkan melalui alat teknologi yang ramah lingkungan.

5. Mempertahankan ruang terbuka hijau yang ada dan jika memungkinkan meningkatkan ketersediaan ruang terbuka hijau agar udara yang kita hirup tetap segar.

6. Melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali agar ketersediaan sumber air bersih dapat memenuhi kebutuhan hidup kita.

7. Melakukan koservasi air dan melakukan daur ulang air melalui proses destilasi yaitu pemisahan air tawar dan kandungan garam yang terdapat di dalam air laut melalui proses pemanasan,dipisahkan berdasarkan perbedaan titik didihnya.

8. Memberantas penebangan liar dan menerapkan sistem tebang pilih,sesuai dengan Pasal 17 ayat 1 huruf b UU P3H, yakni setiap orang dilarang melakukan penambangan di dalam kawasan hutan tanpa izin menteri.

9. Melakukan program “Satu Miliyar Pohon untuk Dunia” atau “One Million Indonesian Trees for The World” secara individu,keluarga,kelompok,RT/RW,Desa,Kelurahan ,Kecamatan,Kabupaten,bahkan Provinsi atau wilayah, berpartisipasi melakukan penanaman pohon,pemeliharaan pohon secara terus menerus.

10. Meninggalkan kebiasaan buruk pembakaran hutan bagi petani ladang berpindah-pindah agar proses pemanasan global tidak bertambah.

11. Meningkatkan mutu pendidikan tentang Pendidikan Lingkungan Hidup kepada semua warga masyarakat agar mampu menjaga,dan melestarikan alam demi kelangsungan hidup manusia.

Laju pertumbuhan penduduk sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan untuk mengantisipasi maka perlu dilakukan penekanan jumlah penduduk dan pelestarian lingkungan alam agar kehidupan manusia kedepannya semakin baik dan berkualitas.

Terimakasih salah khilaf mohon ampun dan maaf, kalau ada jarum yang patah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata yang salah jangan disimpan di dalam hati.

Wabillahitaufik wal hidayah.. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.